Desain Jaringan WAN

Desain Jaringan WAN

PENGERTIAN WAN, merupakan jaringan komunikasi data yang secara geografis mencakup area yang sangat luas, lingkup nasional, regional dan global dan sering menggunakan sarana fasilitas transmisi umum seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.

PERANGKAT DAN FUNGSI :

1. Internet sendiri berasal dari kata interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
2. Radio Tower : Tiang radio dan menara biasanya, struktur tinggi yang dirancang untuk mendukung antena (juga dikenal sebagai antena) untuk telekomunikasi dan penyiaran, termasuk televisi. Mereka adalah salah satu struktur buatan manusia tertinggi.
3. Firewall adalah suatu sistem proteksi untuk melaksanakan pengawasan lalu lintas paket data menuju atau meninggalkan sebuah jaringan computer sehingga paket data yang telah diperiksa dapat diterima, ditolak atau bahkan dimodifikasi terlebih dahulu sebelum memasuki atau meninggalkan jaringan tersebut. Firewall memprotieksi suatu jaringan komputer dari hal-hal yang membahayakannya. Fungsi Firewall : Mengatur dan mengcontrol lalu lintas jaringan, Melakukan autentikasi, Melindungi sumber daya dalam jaringan privat, Melindungi jaringan komputer dari virus-virus yang ada di Internet, Mencatat semua kejadian, dan melaporkan kepada administrator.
4. MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. Untuk instalasi Mikrotik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun. MikroTik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot, & warnet.
5. Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain.
6. Web server adalah sebuah aplikasi server yang melayani permintaan HTTP atau HTTPS dari browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman-halaman web. Halaman-halaman web yang dikirim oleh web server biasanya berupa file-file HTML dan CSS yang nantinya akan diparsing atau ditata oleh browser sehingga menjadi halaman-halaman web yang bagus dan mudah dibaca.
7. Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP.
8. File server adalah sebuah komputer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama memberikan lokasi untuk akses disk bersama , yaitu penyimpanan bersama file komputer (seperti dokumen, file suara, foto, film, gambar, database, dll .) yang dapat diakses oleh workstation yang melekat pada jaringan komputer. Istilah server menyoroti peranan mesin dalam client-server skema, di mana klien workstation menggunakan penyimpanan. Sebuah file server tidak dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas komputasi, dan tidak menjalankan program atas nama klien. Hal ini dirancang terutama untuk memungkinkan penyimpanan dan pengambilan data sementara perhitungan dilakukan oleh workstation.
9. Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
10. Pengertian Laptop (dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook) adalah komputer portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi pada sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 6 kilogram tergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
11. Wireless Access Point adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi, bluetooth dan sejenisnya. Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada (menggunakan mode bridge).
12. Access Point merupakan titik pusat jaringan wireless, alat ini memancarkan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data. Fungsi Wireless Access Point ini kira-kira sama dengan switch / hub dalam jaringan kabel yang memungkinkan banyak client terhubung ke jaringan.

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI WAN

WAN :
– Kabel
– Nirkabel
Spesifikasi Jaringan WAN :
– Router
– Modem
– Antena

Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi awal :
Persiapan peralatan wireless

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan wireless :
1. Komputer yang digunakan sebagai router
2. Kartu jaringan ( LAN card, USB WLAN, Wifi)
3. Kabel Coaxial
4. Kabel USB
5. Access point
6. HUB
7. UTP LAN
8. Antena External

Menginstal Jaringan WAN

Ada 2 cara menghubungkan antara PC dengan sistem wireless :
1. System ad-hoc
Sistem peer to peer sebuah computer dihubungkan dengan sebuah computer binnya agar saling mengenal SSID.

2. System Insfrastmeture
Hubungan anatara PC dengan alat Access Point.
Keuntungan :
– Pengaturan lebih mudah
– Tidak diperlukan Pc yang harus online 24jam untuk melayani network
– Sistem security terjamin

Jaringan Wireless : Sistem Access Point

2 fungsi AP :
– Sebagai jembatan antara jaringan wireless dengan jaringan kabel lan melalui konektor RJ-45
– Sebagai jembatan antara jaringan wireless
Topologi Jaringan Wireless
– Menghubungkan antara jaringan wired dengan jaringan wireless menggunakan Access Point
– Menghubungkan antara jaringan wired dihubungkan menggunakan switch

INSTALASI ACCESS POINT
Alat :
– 2 unit PC
– 1 unit Access Point
– 2 unit USB WLAN
– Kabel UTP Straight

Intalasi perangkat

Setting komputer ( AP ( setting konfigurasi ) )
a. Komputer ( komp 1 = 192.168.1.1/26 )
b. AP : IP = 192.168.1.254 (contoh)
c. Komputer 2 : IP = 192.168.1.2/26

Menghubungkan computer 2 dengan Access Point
Test Connection pada command 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s